Jumat, 03 April 2009

silabus

Mata Kuliah : FILSAFAT PENDIDIKAN
Bobot SKS : 2 Sks
Jenis Kompetensi : Utama
Elemen Kompetensi : MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan)
Dosen Pembina : BASUKI , M.Ag

STANDAR KOMPETENSI

Mampu mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat dalam proses pendidikan .

KOMPETENSI DASAR

Mampu mengkaji struktur fundamental yang mendasari, melatarbelakangi dan mendorong kegiatan-kegiatan manusia dalam melaksanakan praktek pendidikan
Mampu mengkaji secara kritis pengertian, sejarah dan perkembangan filsafat pendidikan
Mampu mengkaji secara kritis Aliran-aliran atau Teori-teori Pemikiran Filsafat Pendidikan secara teoritis dan praktis
Mampu menghayati dan mengamalkan Filsafat Pendidikan Pancasila

INDIKATOR KEBERHASILAN

Dapat memahami dan menjelaskan secara sistematik, logik, radikal, universal dan obyektif serta bertanggungjawab tentang struktur fundamental yang mendasari, melatarbelakangi dan mendorong kegiatan-kegiatan manusia dalam melaksanakan praktek pendidikan
Dapat mengaplikasikan kerangka berfikir filosof untuk membaca isu-isu kontemporer dalam dunia pendidikan
Dapat memberikan konstribusi yang memadai dalam membantu menjelaskan dan memecahkan masalah-masalah kontemporer yang muncul dalam dunia pendidikan dengan menggunakan Teori-teori Pemikiran Filsafat Pendidikan secara teoritis dan praktis
Mampu menghatai dan mengamalkan Filsafat Pendidikan Pancasila dalam kontek kegiatan kependidikan

MATERI POKOK

BAB (1) Pendidikan dan Filsafat
  • Proses pendidikan harus memiliki struktur fundamental yang mendasari, melatarbelakangi dan mendorong kegiatan-kegiatan praksis pendidikan yang disebut dengan filsafat. Sebab dalam melaksanakan pendidikan ia selalu dihadapkan pada persoalan-persoalan yang mungkin bisa dijawab dengan menggunakan analisa ilmiah semata-mata, tetapi ada juga permasalahan-permasalahan kependidikan yang memerlukan analisa dan pemikiran yang mendalam dengan analisa filsafat. Dalam konteks ini, diperlukan pembahasan yang serius tentang:
  1. Pengertian Pendidikan
  2. Ilmu—Filsafat—Agama
  3. Manusia, Filsafat dan Pendidikan
  4. Teori Kebenaran Menurut Pandangan Filsafat dalam Bidang Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi
  5. Sistem Analisa filsafat dalam masalah kependidikan
BAB (2) Filsafat Pendidikan; Pengertian, Sejarah dan Perkembangannya
  1. Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan
  2. Latar belakang munculnya filsafat pendidikan
  3. Filsafat Pendidikan dan Sumber Daya Manusia
  4. Filsafat Pendidikan dan Kepribadian
  5. Pemikiran filsafat pendidikan menurut SOCRATES (470-399 SM) dalam Tinjauan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis
  6. Pemikiran filsafat pendidikan menurut PLATO (427-347 SM) dalam Tinjauan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis
  7. Pemikiran filsafat pendidikan menurut ARISTOTELES (367-345 SM) dalam Tinjauan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis
  8. Hubungan Filsafat Pendidikan dan Fakultas/Jurusan Tarbiyah dalam Tinjauan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis
BAB (3) Tipologi Aliran-aliran atau Teori-teori Pemikiran Filsafat Pendidikan

Analisa filsafat terhadap masalah-masalah kependidikan dengan berbagai cara pendekatannya, akan dapat menghasilkan pandangan-pandangan tertentu mengenai masalah-masalah kependidikan. Dan atas dasar itu disusun secara sistematis teori-teori pendidikan. Disamping itu jawaban-jawaban yang telah dikemukakan oleh aliran filsafat tertentu terhadap problematika pendidikan yang dihadapinya, menunjukkan pandangan-pandangan tertentu pula, yang tentunya juga akan memperkaya teori-teori pendidikan. Dengan demikian terdapat hubungan fungsional antara filsafat dan teori pendidikan. Ada lima teori atau aliran pemikiran filsafat pendidikan yang berkembang di Barat, yaitu :
  1. Aliran filsafat pendidikan perennialisme dalam Tinjauan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis
  2. Aliran filsafat pendidikan esensialisme dalam Tinjauan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis
  3. Aliran filsafat pendidikan progresivisme dalam Tinjauan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis
  4. Aliran filsafat pendidikan rekonstruksionalisme dalam Tinjauan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis
  5. Aliran filsafat pendidikan eksistensialisme dalam Tinjauan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis
BAB (4) Filsafat Pendidikan Pancasila

  1. Hubungan antara Pancasila dengan Sistem Pendidikan Ditinjau dari Filsafat Pendidikan
  2. Filsafat Pendidikan Pancasila dalam Tinjauan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis

STRATEGI DAN SISTEM PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN

Seminar dan Diskusi Kelas
  • Penugasan Individu.
  • Membuat Karya Tulis Ilmiah yang terkait dengan Topik Pembahasan dengan ketentuan: diketik rapi komputer spasi 1,5; kertas HVS A-4; 10-15 hlm; dipresentasikan dalam seminar/diskusi kelas; makalah harus direvisi dan dijilid rapi (2 eks) untuk diadakan penilaian oleh dosen pembina setelah diseminarkan/didiskusikan dalam seminar kelas.
  • Mereview 1 artikel dari media cetak yang terkait dengan Isu-isu atau masalah-masalah kependidikan dengan ketentuan: artikel boleh diambil dari koran, buletin, internet, majalah, dan lainnya; artikel ditempel dalam kertas HVS ukuran A-4; hasil review diketik rapi komputer spasi 1,5; 3-5 halaman dan dijilid rapi (1 eks) ; tidak dipresentasikan
  • Uji kompetensi pemahaman setiap makalah
SUMBER REFERENSI

Indar, Djumberansyah. Filsafat Pendidikan. Surabaya: Karya Abditama, 1994
Syam, Noor. Filsafat Pendidikan dan dasar filsafat pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1988.
Jalaludin &Abdullah. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Gema Media Pratama, 1997.
Barnabid. Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode. Yogyakarta: IKIP, 1987
Saifullah, Ali. FIlsafat dan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1987.




PONOROGO,18 Februari 2009
Dosen Pembina
Ttd

BASUKI, M.Ag
NIP. 150327277