Jumat, 22 Mei 2009

3-5_Eksistensialisme

Tabel 2.5 Pandangan Umum Eksistensialisme dalam Pendidikan.

No.

KOMPONEN

Keterangan

(1)

(2)

(3)

1

Hakekat Pendidikan

§ Menghendaki agar pendidikan selalu melibatkan pserta didik dalam mencari pilihan-pilihan untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing dan menemukan jati dirinya, karena masing-masing individu adalah makhluk yang unik dan bertanggung jawab atas diri dan nasibnya sendiri.

2

Tujuan Pendidikan

§ Siswa mengembangkan potensinya masing-masing untuk mencari jati dirinya

3

Kurikulum

§ Secara umum tidak ada penetapan kurikulum, karena setiap individu memiliki kebutuhan dan minat tertentu untuk dipenuhi.

§ Menekankan proses pemikiran refketif.

§ Ilmu-ilmu sastra dan seni sebagai nata pelajaran penting untuk intropeksi dan refleksi

4

Metode

§ Mendorong siswa mengikuti proyek-proyek yang membantu mereka untuk mengembangkan ketrampilan dan pengetahuan yang diperlukan

5

Pelajar

§ Adalah individu yang dapat mengembangkan potensinya masing-masing untuk mencari jati dirinya

6

Pengajar

§ Pembimbing dan stimulator berfikir reflektif melalui panggilan pertanyaan-pertanyaan (inquiry)

§ Bukan pemberi instruksi

§ Memiliki kejuruan ilmiah, integritas dan kreatifitas

§ Figure yang tidak mencampuri perkembangan minat dan bakat siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar